Jumat, 04 November 2016

usaha salon




KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang Perusahaan Yang Bergerak di Bidang Jasa.

 Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal. Dan kami berterima kasih kepada Bapak Randhy Agusentoso selaku Dosen mata kuliah  Pengantar Bisnis Unpam yang telah memberikan tugas ini kepada kami.

Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
    
Akhir kata kami berharap semoga makalah sederhana tentang Perusahaan Yang Bergerak di Bidang Jasa ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah  disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun terhadap pembaca.


                                                                                      Pamulang, 5 Oktober 2016
    
                                                                                              kelompok

  



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ………………………………………………………    i
DAFTAR ISI ………………………………………………………………..     ii
BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………..    1
1.1 Latar Belakang …………………………………………………....      1
1.2 Tinjauan Pustaka ……………………………………….…………      2
BAB II PEMBAHASAN ………………………….………………………..    3
2.1 Modal …………………………………………………..................      3
2.2 Tempat usaha ……………………………………………………..      4
2.3 Manajemen Sumber daya manusia ……………………………..…      4
2.4 Manajemen Keuangan …………………………………………….     5
2.5 Manajemen Operasional ( Produksi) …………..………………….      8
2.6 Manajemen Pemasaran …………………………………………....      10
2.7 Visi dan misi perusahaan ...................................................12
2.8 continuitas Usaha  …... …………………………………………….    13
BAB III PENUTUP……………………………………………………..…...    14
3.1 Kesimpulan ……………………………………………….….……     14
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………..…...…    15



BAB I
PENDAHULUAN

1.1             Latar Belakang

Membuka usaha memang menjadi impian banyak orang, sebab banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dari situ. Selain bisa menjadi bos dari diri sendiri, jam kerja bisa diatur dengan fleksibel juga potensi penghasilan yang bisa lebih besar dibandingkan bekerja sebagai karyawan. Selain itu dengan membuka usaha sendiri kita tidak hanya membantu diri kita tetapi juga membantu orang lain dengan memberi kesempatan mereka bekerja pada usaha kita. Karena itu saya turut mendukung niat Anda untuk membuka usaha.
Adapun bidang usaha yang penulis minati adalah USAHA SALON , dengan alasan kebutuhan akan jasa kecantikan ini tidak pernah habis. Terutama wanita yang sedari dulu sudah sangat sadar perlunya merawat kecantikan dari ujung kaki sampai ujung kepala. Wanita dulu biasa melakukan perawatan tubuhnya sendiri di rumah dengan ramuan kecantikan tradisional yang diolah sendiri. Jaman sekarang yang serba praktis ini, wanita tidak lagi membuat ramuan kecantikan sendiri namun bisa membelinya dalam kemasan siap pakai di toko-toko. Namun, walau banyak alternatif perawatan tubuh yang dapat dilakukan sendiri di rumah, namun beberapa hal tetap harus dibantu orang lain misalnya gunting rambut dan blow. Lagipula pada dasarnya wanita senang dimanjakan, sehingga walaupun bisa mencuci rambut sendiri, luluran, creambath, facial atau gunting kuku mereka tetap saja jika orang lain yang mengerjakannya. Layaknya putri raja yang dilayani para dayang, begitulah perasaan wanita di salon.
Wanita juga berharap penampilan menjadi lebih cantik dengan rambut yang tertata, baik cuma di-blow biasa, blow variasi , pengeritingan, rebonding atau disanggul, alis yang dibentuk bak bulan sabit, kuku tangan dan kaki yang lentik dan berkilat, semua hal tersebut membutuhkan jasa salon sebab sulit dilakukan sendiri. Datang ke salon juga menjadi lebih menyenangkan sebab jasa perawatan kecantikannya semakin variatif misalnya pelangsingan, pemutihan kulit, bahkan perawatan kesehatan seperti refleksi kaki dan back therapy juga ditawarkan. Jasa salon sudah menjadi bagian hidup wanita, ibaratnya tidak mungkin wanita tidak ke salon. Bahkan cewek paling tomboy sekalipun memotong rambutnya di salon bukan?

Jenis usaha salon MAK EROT , yang beralamat .
Jln. Pamulang raya no.23 rt 07 rw 05 kecamatan pamulang kelurahan pamulang . kota tangerang 14378.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Perencanaan Modal

Usaha Salon kecantikan ini adalah milik bersama yang beranggotakan 3 orang, modal awalnya adalah 7.000.000,-. Dan masingmasing anggota menginfestasikan uang/modalnya sebesar 2.300.000 (2) dan 2.400.000,- uang tersebut digunakan untuk membeli peralatan-peralatan dan perlengkpan-perlengkapan, seperti halnya usaha lain usaha ini memiliki perencanaan baik dari segi, SDM, pemasaran, produksi dan keuangannya, adapun pembelanjaan uang tersebut adalah :

2.      Peralatan
-          Alat kecantikan : Rp. 1.000.000.-
-          Kosmetik : Rp. 2.000.000,-
3.      Perlengkapan :
-          Cermin dll : Rp. 500.000,-

Keseluruhan pengeluaran peralatan dan perlenglapan adalah Rp. 3.500.000, dan sisanya akan diunakan untuk biaya oprasional yang dipastikan akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Modal yang kita punya ini sangat sedikit, namun dengan uang hanya bermodal Rp. 7.000.000,- bias mendirikan usaha salon sderhana, untuk pembesaran usaha adalah proses dari kehidupan usaha salon kecantikan ini.

Usaha ini didirikan dikawasan kota yang letaknya tidak jauh dari perumahan masyarakat dengan maksud mempermudah membangun  komunikasi dan proses pemasarannya, gedung dan tanah ini kami sewa dengan harga Rp250.000 / bulan, dengan biaya sewa air dan listrik sendiri, karena latar belakangusaha ini adalah memberikan pelayanan berupa periasan dan hal lain yang berkaitan dengan kecantikan.




2.2 Karyawan Salon

Bisnis ini adalah milik bersama dengan modal gabungan, adapun tenaga kerja yang di gunakan hanya 2 orang, dan dibutuhkan keahlian husus bagi karyawan yang direkreut seperti hairstylist, kapster, dll., oleh karena itu pengrekrutan karyawan kita lakukan dengan cara :
1)      Memasang pengumuman membutuhkan tenaga hairstylis & kapster berpengalaman. Caranya, dengan menempelkan kertas di salon Anda, memasang iklan membutuhkan tenaga kerja di surat kabar setempat atau meminta referensi dari hairstylist.
2)      Kerjasama dengan sekolah penata rambut atau kursus kecantikan dalam menyalurkan siswanya. Biasanya siswa training center belajar sekaligus praktek kerja selama jangka waktu tertentu . Setelah masa belajar selesai dan mendapat sertfikat siswa bebas memilih bekerja di salon lain. Untuk tenaga kerja, kami pilih yang sudah berpengalaman sebelumnya dan mempunyai sertifikat, untuk menjaga mutu salon.
Jika sudah didapatkan kriteria karyawan yang diinginkan maka pelatihan tenaga kerja tersebut adalah dengan memberikannya konsep konsep pemeliharaan kecantikan dari bukubuku dan dari sumberlain dari internet maupun pengalaman individu dari ahli yang sudah terbukti masakannya.
Kompensasi dari masing-masing tenaga kerja tersebut adalah Rp. 700.000,- juga kami berikan fasilitas makan. Semua tenaga kerja diberikan fasilitas dan kompensasi yang sama, karena tidak ada posisi atatau hirarki yang signifikan,  semua pekerja adalah karyawan. Adapun sistem penggajian tersebut diatas yang kita pilih dari beberapa konsep penggajian. Tapi juga kita tawarkan konsep penggajian lain kepada karyawan. yang kita gunakan beberapa konsep penggajian karyawan salon :
a)      Uang makan perhari. Uang makan ditetapkan harian untuk satu kali makan sejumlah tertentu misalnya Rp 7.500,- perhari dan diberikan bulanan. Uang makan diberikan proporsional, sehingga jika mereka tidak masuk kerja maka uang makan bisa dipotong sejumlah hari tidak masuk kerja. Disini kita  mempunyai sistem absensi yang bisa mendeteksi hadir tidaknya seorang pegawai.

b)      Bagi hasil dari pelanggaan yang dilayani.Untuk berbagai perawatan bisa ditetapkan bagi hasil dari ongkos perawatan yang masuk antara salon dengan tenaga kerja. Misalnya untuk potong rambut bagi hasil 70% untuk salon dan 30% untuk hairstylist. Jika ongkos potong rambut Rp 15.000,- per pelanggan dan hairstylist kita telah melayani 3 pelanggan maka dia mendapat bagi hasil Rp 15.000 x 3x 30% = Rp 13.500,- , sisanya adalah bagian salon kita. Sehingga makin mahal ongkos perawatan maka makin besar juga bagi hasilnya. Untuk perawatan seperti manicure/ pedicue, luluran, refleksi kaki bisa ditetapkan prosentase yang sama atau berbeda, dan lain sebagainya.

c)      Jika tidak menerapkan bagi hasil maka bisa juga diterapkan sistem komisi yang besarnya tetap dari tiap pelanggan yang dilayani. Misalnya dari komisi Rp 5.000,- dari tiap pelanggan yang dilayani tenaga kerja salon. Jika dia melayani 10 orang perhari maka dia mendapat Rp 50.000,- per hari. Disini berapapun jumlah ongkosnya maka komisi yang didapat tetap sama.

d)      Tidak lupa juga bahwa para tenaga kerja di salon kami juga kemungkinan mendapat tip dari para pelanggan.Namun tip ini tentu sepenuhnya menjadi milik mereka, bukan milik salon. Yang pasti semakin banyak pelanggan yang dilayani dengan pelayanan yang memuaskan kemungkinan mendapatkan tips juga lebih besar.


2.3   Rencana kegiatan Operasional

Kegitan oprasional atau produksi Usaha ini dilakukan ditempat sendiri yang dapat ngontrak, dimulai dari persiapan pekerjaan, menyiapkan alat-alat make up salon, dan perawatan lainnya, pemotongan rambut dngan gunting dll.
Selanjutnya karyawan akan standbay menunggu pelanggan, jika ada pelanggan lalu ditawarkan jasa pelayana yang kami sediakan untuk kemudian dikerjakan.
Proses pekerjaannya sendiri dilakukan oleh 2 orang karyawan yang dipekerjakan secara bersamaan, dengan dengan melayani 1 orang pelanggan oleh 1 orang, adapun jasa pelayanan yang kami sediakan adalah  :
  1. Gunting cuci blow : Rp. 20.000,- _Rp. 30.000,-
  2. Creambath buah : Rp. 20.000,-
  3. Hair Energy : Rp.30.000,- _ Rp. 40.000,-
  4. Hair Aroma therapy (anti stress) : Rp. 40.000,- _ Rp.50.000,-
  5. Bonacure hair therapy : Rp.100.000,-
  6. Clinical hair treatment : Rp. 60.000,- _ Rp. 80.000,-
  7. cat Uban : Rp. 50.000,- _ Rp. 80.000,-
  8. Rebonding : Rp. 120.000,-
  9. perming : Rp. 60.000,- _ Rp. 120.000,-
  10. make Up : Rp. 50.000,- _ Rp. 300.000,-
  11. Sanggul : Rp. 30.000,-
  12. Hair do : Rp. 30.000,-
  13. body scrub : Rp. 60.000,-
  14. Ficial Scrub : Rp. 20.000,-
  15. Pedicure : Rp. 30.000,-
Refleksi : Rp. 30.000,- +


2.4  Manajemen Keuangan

Modal yang digunakan adalah modal 100% milik sendiri, usaha milik bersama yang sumbernya dari 3 orang. dan modal  pertama bisnis ini adalah sebesar Rp. 7.000.000,- yang dibagi masing-masing orang Rp. 2.300.000,-(2). Dan 2.400.000,- dan digunakan untuk membeli
1.      Peralatan
-          Alat kecantikan : Rp. 1.000.000.-
-          Kosmetik : Rp. 2.000.000,-
2.      Perlengkapan :
-          Cermin dll : Rp. 500.000,-
3.      biaya Perawatan Rp.100.000,- / Bulan
4.       gaji 2 orang @ Rp 700.000,-.  / Bulan
5.      Biaya listrik Rp. 150.000,- / Bulan
6.      tambahan Modal salon : Rp. 500.000,- / Bulan
7.      sewa gedung : Rp. 250.000,- / Bulan

Dengan perincian diatas dapat dihitung perkiraan pendapatan bisnis ini dalam jangka waktu 1 Tahun, Usaha kecil ini tidaklah memerlukan perincian yang rumit, oleh karena itu akan lebih jelas tergambarkan dengan pembukuan sebagai  berikut :



Jurnal
No
Keterangan
Debit
Kredit
1.

2.

3.

4.

5.

6.

7

8..
- Kas
- Modal
- Peralatan
- Kas
- Perlengkapan
- Kas
- Biaya Perawatan
 Kas
- Biaya tenaga kerja 2 orang
- Kas
- Biaya listrik
- kas
- Biaya tambahan modal salon
- Kas
- Sewa gedung
- kas
Rp 7.000.000,-

Rp 3.000.000,-

Rp. 500.000,-

Rp. 1.200.000,-

Rp. 16.800.000,-

Rp. 1.800.000,-

Rp.6.000.000

Rp 3.000.000,-

Rp 7.000.000,-

Rp 3.000.000,-

Rp. 500.000,-

Rp. 1.200.000,-

Rp. 16.800.000,-

Rp. 1.800.000,-

Rp. 6.000.000,-

Rp 3.000.000,-


Minimal Pendapatan dalam 1 bulan :
  1. Dari potong Rambut : 3.000.000,-/ bulan
  2. Dari penyucian dan perawatan Rambut : 3.000.000,- / bulan
  3. Dari makeup : 3.000.000,- / bulan
Jumlah minimal pendapatan / bulan                               : Rp. 9.000.000,-


Laporan Laba-rugi dalam 1 bulan

Pendapatan
  1. Dari potong Rambut : 3.000.000,-/ bulan
  2. Dari penyucian dan perawatan Rambut : 3.000.000,- / bulan
  3. Dari makeup : 3.000.000,- / bulan
Jumlah minimal pendapatan 1 Tahun                            :

Biaya- Biaya
-    Peralatan                             : Rp. 3.000.000,-
-    Perlengkapan                      : Rp. 500.000,-
-    biaya Perawatan                 : Rp.1.200.000,-
-    gaji 2 orang @                    : Rp 16.200.000,-.
-    Biaya listrik                        : Rp. 1.800.000,-.
-    Tambahan modal salon      : Rp.6.000.000,-
-    Sewa                                  : Rp 3.000.000,-
Jumlah Biaya

Laba Bersih





Rp. 108.000.000,-









Rp. 31.700.000,-

Rp. 76.300.000,-


2.6 Rencana Pemasaran

Bisnis Usaha salon kecantikan ini mungkin sudah banyak yang mendirikan, namun disamping itu masih banyak juga pelayanan yang kurang memuaskan pelanggan, layaknya candu, jika seseorang sudah mencoba suatu salon dan merasa nyaman, maka orang tersebut akan jadi pelanggan tetap, oleh karena itu pelayanan yang ekstra adalah langkah awal dalam memulai persaingan dengan usaha lain.
Promosi yang lain adalah dengan membuat brosur dan pasang iklan di beberapa media, termasuk internet..
Penelitian tentang saingan pun akan berpengaruh bagi proses pemasaran produk makanan ini, oleh karena itu kami pun meneliti para pesaing dengan meneliti jenis-jenis pelayanan, ekurangan dan kelebihannya secara spesifik, shingga perusahaan salon kecantikan ini mempunyai nilai lebih dari salon biasa, yaitu dengan harga yang murah dan prlayanan yang lebih memuaskan.
Selain itu kita juga menggunakan beberapa konsep bauran promosi, manfaatnya dengan mengoptimalkan proses promosi maka akan lebi mudah juga dalam memasarkan produk usaha ini, kita akan coba semua teori tentang bauran promosi, dan kemudian akan kami seleksi cara yang mana yang lebih efektif dan efisien. Adapun jenis bauran promosi tersebut antara lain :

1)      Periklanan (Advertising): Merupakan alat utama bagi pengusaha untuk mempengaruhi konsumennya. Periklanan ini dapat dilakukan oleh pengusaha lewat surat kabar, radio, majalah, bioskop, televisi, ataupun dalam bentuk poster-poster yang dipasang dipinggir jalan atau tempat-tempat yang strategis.

2)      Penjualan Pribadi (Personal selling): Merupakan kegiatan perusahaan untuk melakukan kontak langsung dengan calon konsumennya. Dengan kontak langsung ini diharapkan akan terjadi hubungan atau interaksi yang positif antara pengusaha dengan calon konsumennya itu. Yang termasuk dalam personal selling adalah: door to door selling, mail order, telephone selling, dan direct selling.

3)       Promosi Penjualan (Sales Promotion): Merupakan kegiatan perusahaan untuk menjajakan produk yang dipasarkarlnya sedemikian rupa sehingga konsumen akan mudah untuk melihatnya dan bahkan dengan cara penempatan dan pengaturan tertentu, maka produk tersebut akan menarik perhatian konsumen.

4)      Publsitas (Pubilicity): Meripakan cara yang biasa digunakan juga oleh perusahaan untuk membentuk pengaruh secara tidak langsung kepada konsumen, agar mereka menjadi tahu, dan menyenangi produk yang dipasarkannya, hal ini berbeda dengan promosi, dimana didalam melakukan publisitas perusahaan tidak melakukan hal yang bersifat komersial. Publisitas merupakan suatu alat promosi yang mampu membentuk opini masyarakat secara tepat, sehingga sering disebut sebagai usaha untuk "mensosialisasikan" atau "memasyarakatkan ".

2.7 visi dan misi

VISI : Memberikan pelayanan kecantikan, tata rias rambut, tata rias wajah dengan mengedepankan kepuasan pelanggan menjadikan mak erot salon unggul dalam mutu dan pelayanan mensejahterakan karyawan.
MISI : meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan seacara terus-menerus menggunakan prduk-produk berkualitas dan aman dalam memberikan pelayanan/perawatan. Memegang teguh prinsip kejujuran dalam memberikan pelayanan.



2.8 Kelanjutan Usaha

Rencana Usaha kecil ini adalah salah satu bentuk usaha yang gampang beradaptasi dilokasi dan waktu apapun,karena segi peralatan yang sederhana dan bahan baku yang gampang di dapat.
Selanjutnya jika usaha kecil ini sukses dalam waktu 1 tahun, maka akan di usahakan terus supaya keuntungannya tetap seimbang bahkan bisa lebih besar, dengan cara dasar yang sudah tertulis diatas, menggunakan beberapa strategi pemasaran dan meneliti kelemahan pesaing maka akan lebih mempermudah menarik pelanggan.
Dalam segi keuangan sendiri akan jelas terealisasikan jika keuntungan sebesar Rp. 76.300.000,- , dan akan kami gunakan untuk pembelian bahan baku makanan selanjutnya dengan taksiran biaya 30% dari keuntungan dan 20% persen akan kita tabungkan, lalu yang 50% akan kami bagi keuntungannya. Memang tidak terlalu besar dari pembagian keuntungannya, namun ini adalah awal dari usaha yang akan terus berkembang yang ahirnya akan meraup keuntungan yang lebih dari layak.



BAB III
PENUTUP


Kesimpulan

Jenis usaha yang akan didirikan adalah menyediakan pelayanan salon kecantikan, mulai dari perawatan rambut, wajah dan anggota tubuh lainnya, selain itu juga menerima periasan atau make up pada pelanggan untuk acara tertentu..
Dengan beberapa bauran promosi dan meneliti kelemahan dan kelebihan pesaing akan bias mencari cela dimana usaha ini akan menggaet para pelanggan, jaringan yang luas serta didukung dengan pelayanan yang maksimal, maka dipastikan usaha ini layak dan akan jelas kelangsungan hidup usahanya. Keuntungan yang tidak mengecewakan bagi usaha seperti ini akan memberi jaminan bagi kelangsungan usaha dan tenaga kerja.
Dengan perkiraan keuntungan diatas maka dapat dipastikan juga perluasan usaha ini akan mudah terealisasikan.


DAFTAR PUSTAKA

  1. http://google.com
  2. http://wikipedia.com/Usahasalon/html.
  3. http://wikipedia.com/layoutpemasaran/html
  4. http://scribd.com/salonkecantikan/html
  5. Gitosudanno, Indriyo, Manajemen Pemasaran, BPFE Yogyakarta, 1994
  6. Jauch, lawrence R, Manajemen Strategis Dan Kebijakan Perusahaan, Erlangga, Jakarta, 1993

1 komentar:

  1. Inilah waktu yang tepat untuk membuat desain web anda tampil menarik dan punya daya jual tinggi , Jangan sampai anda kehilangan calon pelanggan cuma karena web tidak nyaman dan kurang menarik perhatin , Klik di sini
    Jasa Desain Web Blog Murah

    BalasHapus