KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,
Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan
rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah ilmiah tentang Perusahaan Yang Bergerak di Bidang Jasa.
Makalah ilmiah ini
telah kami susun dengan maksimal. Dan kami berterima kasih kepada Bapak Randhy Agusentoso selaku Dosen mata kuliah
Pengantar Bisnis Unpam yang telah memberikan tugas
ini kepada kami.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa
masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh
karena itu kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah
yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang
sempurna tanpa saran yang membangun.
Akhir kata kami berharap semoga makalah sederhana tentang Perusahaan Yang Bergerak di Bidang
Jasa ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya
laporan yang telah disusun ini dapat
berguna bagi kami sendiri maupun terhadap pembaca.
Pamulang, 5 Oktober 2016
kelompok
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR ………………………………………………………
i
DAFTAR ISI
……………………………………………………………….. ii
BAB I PENDAHULUAN
………………………………………………….. 1
1.1 Latar Belakang
………………………………………………….... 1
1.2 Tinjauan Pustaka
……………………………………….………… 2
BAB II PEMBAHASAN ………………………….………………………..
3
2.1 Modal
………………………………………………….................. 3
2.2 Tempat usaha
…………………………………………………….. 4
2.3 Manajemen Sumber daya manusia
……………………………..… 4
2.4 Manajemen Keuangan
……………………………………………. 5
2.5 Manajemen Operasional ( Produksi)
…………..…………………. 8
2.6 Manajemen Pemasaran
………………………………………….... 10
2.7 Visi dan misi perusahaan
...................................................12
2.8 continuitas Usaha …...
……………………………………………. 13
BAB III PENUTUP……………………………………………………..…...
14
3.1 Kesimpulan
……………………………………………….….…… 14
DAFTAR PUSTAKA
………………………………………………..…...… 15
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Membuka usaha memang
menjadi impian banyak orang, sebab banyak sekali keuntungan yang bisa kita
dapatkan dari situ. Selain bisa menjadi bos dari diri sendiri, jam kerja bisa
diatur dengan fleksibel juga potensi penghasilan yang bisa lebih besar
dibandingkan bekerja sebagai karyawan. Selain itu dengan membuka usaha sendiri
kita tidak hanya membantu diri kita tetapi juga membantu orang lain dengan
memberi kesempatan mereka bekerja pada usaha kita. Karena itu saya turut
mendukung niat Anda untuk membuka usaha.

Wanita juga berharap
penampilan menjadi lebih cantik dengan rambut yang tertata, baik cuma di-blow
biasa, blow variasi , pengeritingan, rebonding atau disanggul, alis yang
dibentuk bak bulan sabit, kuku tangan dan kaki yang lentik dan berkilat, semua
hal tersebut membutuhkan jasa salon sebab sulit dilakukan sendiri. Datang ke
salon juga menjadi lebih menyenangkan sebab jasa perawatan kecantikannya
semakin variatif misalnya pelangsingan, pemutihan kulit, bahkan perawatan
kesehatan seperti refleksi kaki dan back therapy juga ditawarkan. Jasa salon
sudah menjadi bagian hidup wanita, ibaratnya tidak mungkin wanita tidak ke
salon. Bahkan cewek paling tomboy sekalipun memotong rambutnya di salon bukan?
Jenis usaha salon MAK EROT , yang beralamat .
Jln. Pamulang raya no.23 rt 07 rw 05 kecamatan
pamulang kelurahan pamulang . kota tangerang 14378.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Perencanaan Modal
Usaha Salon kecantikan
ini adalah milik bersama yang beranggotakan 3 orang, modal awalnya adalah
7.000.000,-. Dan masingmasing anggota menginfestasikan uang/modalnya sebesar 2.300.000
(2) dan 2.400.000,- uang tersebut digunakan untuk membeli peralatan-peralatan
dan perlengkpan-perlengkapan, seperti halnya usaha lain usaha ini memiliki
perencanaan baik dari segi, SDM, pemasaran, produksi dan keuangannya, adapun
pembelanjaan uang tersebut adalah :
2. Peralatan
-
Alat kecantikan : Rp. 1.000.000.-
-
Kosmetik : Rp. 2.000.000,-
3. Perlengkapan :
-
Cermin dll : Rp. 500.000,-
Keseluruhan pengeluaran
peralatan dan perlenglapan adalah Rp. 3.500.000, dan sisanya akan diunakan
untuk biaya oprasional yang dipastikan akan memerlukan biaya yang tidak
sedikit. Modal yang kita punya ini sangat sedikit, namun dengan uang hanya
bermodal Rp. 7.000.000,- bias mendirikan usaha salon sderhana, untuk pembesaran
usaha adalah proses dari kehidupan usaha salon kecantikan ini.
Usaha ini didirikan
dikawasan kota yang letaknya tidak jauh dari perumahan masyarakat dengan maksud
mempermudah membangun komunikasi dan proses pemasarannya, gedung dan
tanah ini kami sewa dengan harga Rp250.000 / bulan, dengan biaya sewa air dan
listrik sendiri, karena latar belakangusaha ini adalah memberikan pelayanan
berupa periasan dan hal lain yang berkaitan dengan kecantikan.
2.2 Karyawan Salon
Bisnis ini adalah milik
bersama dengan modal gabungan, adapun tenaga kerja yang di gunakan hanya 2
orang, dan dibutuhkan keahlian husus bagi karyawan yang direkreut seperti
hairstylist, kapster, dll., oleh karena itu pengrekrutan karyawan kita lakukan
dengan cara :
1) Memasang
pengumuman membutuhkan tenaga hairstylis & kapster berpengalaman. Caranya,
dengan menempelkan kertas di salon Anda, memasang iklan membutuhkan tenaga
kerja di surat kabar setempat atau meminta referensi dari hairstylist.
2) Kerjasama
dengan sekolah penata rambut atau kursus kecantikan dalam menyalurkan siswanya.
Biasanya siswa training center belajar sekaligus praktek kerja selama jangka
waktu tertentu . Setelah masa belajar selesai dan mendapat sertfikat siswa
bebas memilih bekerja di salon lain. Untuk tenaga kerja, kami pilih yang sudah
berpengalaman sebelumnya dan mempunyai sertifikat, untuk menjaga mutu salon.
Jika sudah didapatkan kriteria
karyawan yang diinginkan maka pelatihan tenaga kerja tersebut adalah dengan
memberikannya konsep konsep pemeliharaan kecantikan dari bukubuku dan dari
sumberlain dari internet maupun pengalaman individu dari ahli yang sudah
terbukti masakannya.
Kompensasi dari
masing-masing tenaga kerja tersebut adalah Rp. 700.000,- juga kami berikan
fasilitas makan. Semua tenaga kerja diberikan fasilitas dan kompensasi yang
sama, karena tidak ada posisi atatau hirarki yang signifikan, semua
pekerja adalah karyawan. Adapun sistem penggajian tersebut diatas yang kita
pilih dari beberapa konsep penggajian. Tapi juga kita tawarkan konsep
penggajian lain kepada karyawan. yang kita gunakan beberapa konsep penggajian
karyawan salon :
a) Uang
makan perhari. Uang makan ditetapkan harian untuk satu kali makan sejumlah
tertentu misalnya Rp 7.500,- perhari dan diberikan bulanan. Uang makan
diberikan proporsional, sehingga jika mereka tidak masuk kerja maka uang makan
bisa dipotong sejumlah hari tidak masuk kerja. Disini kita mempunyai
sistem absensi yang bisa mendeteksi hadir tidaknya seorang pegawai.
b) Bagi
hasil dari pelanggaan yang dilayani.Untuk berbagai perawatan bisa ditetapkan
bagi hasil dari ongkos perawatan yang masuk antara salon dengan tenaga kerja.
Misalnya untuk potong rambut bagi hasil 70% untuk salon dan 30% untuk
hairstylist. Jika ongkos potong rambut Rp 15.000,- per pelanggan dan
hairstylist kita telah melayani 3 pelanggan maka dia mendapat bagi hasil Rp
15.000 x 3x 30% = Rp 13.500,- , sisanya adalah bagian salon kita. Sehingga
makin mahal ongkos perawatan maka makin besar juga bagi hasilnya. Untuk
perawatan seperti manicure/ pedicue, luluran, refleksi kaki bisa ditetapkan
prosentase yang sama atau berbeda, dan lain sebagainya.
c) Jika
tidak menerapkan bagi hasil maka bisa juga diterapkan sistem komisi yang
besarnya tetap dari tiap pelanggan yang dilayani. Misalnya dari komisi Rp
5.000,- dari tiap pelanggan yang dilayani tenaga kerja salon. Jika dia melayani
10 orang perhari maka dia mendapat Rp 50.000,- per hari. Disini berapapun
jumlah ongkosnya maka komisi yang didapat tetap sama.
d) Tidak lupa juga bahwa para tenaga kerja
di salon kami juga kemungkinan mendapat tip dari para pelanggan.Namun tip ini
tentu sepenuhnya menjadi milik mereka, bukan milik salon. Yang pasti semakin
banyak pelanggan yang dilayani dengan pelayanan yang memuaskan kemungkinan
mendapatkan tips juga lebih besar.
2.3 Rencana
kegiatan Operasional
Kegitan oprasional atau
produksi Usaha ini dilakukan ditempat sendiri yang dapat ngontrak, dimulai dari
persiapan pekerjaan, menyiapkan alat-alat make up salon, dan perawatan lainnya,
pemotongan rambut dngan gunting dll.
Selanjutnya karyawan akan
standbay menunggu pelanggan, jika ada pelanggan lalu ditawarkan jasa pelayana
yang kami sediakan untuk kemudian dikerjakan.
Proses pekerjaannya
sendiri dilakukan oleh 2 orang karyawan yang dipekerjakan secara bersamaan,
dengan dengan melayani 1 orang pelanggan oleh 1 orang, adapun jasa pelayanan
yang kami sediakan adalah :
- Gunting cuci blow : Rp. 20.000,- _Rp. 30.000,-
- Creambath buah : Rp. 20.000,-
- Hair Energy : Rp.30.000,- _ Rp. 40.000,-
- Hair Aroma therapy (anti stress) : Rp. 40.000,- _ Rp.50.000,-
- Bonacure hair therapy : Rp.100.000,-
- Clinical hair treatment : Rp. 60.000,- _ Rp. 80.000,-
- cat Uban : Rp. 50.000,- _ Rp. 80.000,-
- Rebonding : Rp. 120.000,-
- perming : Rp. 60.000,- _ Rp. 120.000,-
- make Up : Rp. 50.000,- _ Rp. 300.000,-
- Sanggul : Rp. 30.000,-
- Hair do : Rp. 30.000,-
- body scrub : Rp. 60.000,-
- Ficial Scrub : Rp. 20.000,-
- Pedicure : Rp. 30.000,-
Refleksi : Rp. 30.000,- +
2.4 Manajemen Keuangan
Modal yang digunakan
adalah modal 100% milik sendiri, usaha milik bersama yang sumbernya dari 3
orang. dan modal pertama bisnis ini adalah sebesar Rp. 7.000.000,- yang
dibagi masing-masing orang Rp. 2.300.000,-(2). Dan 2.400.000,- dan digunakan
untuk membeli
1. Peralatan
-
Alat kecantikan : Rp. 1.000.000.-
-
Kosmetik : Rp. 2.000.000,-
2. Perlengkapan :
-
Cermin dll : Rp. 500.000,-
3. biaya Perawatan
Rp.100.000,- / Bulan
4. gaji 2 orang @
Rp 700.000,-. / Bulan
5. Biaya listrik Rp.
150.000,- / Bulan
6. tambahan Modal salon
: Rp. 500.000,- / Bulan
7. sewa gedung : Rp.
250.000,- / Bulan
Dengan perincian diatas
dapat dihitung perkiraan pendapatan bisnis ini dalam jangka waktu 1 Tahun,
Usaha kecil ini tidaklah memerlukan perincian yang rumit, oleh karena itu akan
lebih jelas tergambarkan dengan pembukuan sebagai berikut :
Jurnal
No
|
Keterangan
|
Debit
|
Kredit
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7
8..
|
- Kas
- Modal
- Peralatan
- Kas
- Perlengkapan
- Kas
- Biaya Perawatan
Kas
- Biaya tenaga kerja 2 orang
- Kas
- Biaya listrik
- kas
- Biaya tambahan modal salon
- Kas
- Sewa gedung
- kas
|
Rp 7.000.000,-
Rp 3.000.000,-
Rp. 500.000,-
Rp. 1.200.000,-
Rp. 16.800.000,-
Rp. 1.800.000,-
Rp.6.000.000
Rp 3.000.000,-
|
Rp 7.000.000,-
Rp 3.000.000,-
Rp. 500.000,-
Rp. 1.200.000,-
Rp. 16.800.000,-
Rp. 1.800.000,-
Rp. 6.000.000,-
Rp 3.000.000,-
|
Minimal Pendapatan dalam 1 bulan :
- Dari potong Rambut : 3.000.000,-/ bulan
- Dari penyucian dan perawatan Rambut : 3.000.000,- / bulan
- Dari makeup : 3.000.000,- / bulan
Jumlah minimal pendapatan / bulan
: Rp. 9.000.000,-
Laporan Laba-rugi dalam 1 bulan
Pendapatan
Jumlah minimal pendapatan 1 Tahun
:
Biaya- Biaya
- Peralatan
: Rp. 3.000.000,-
-
Perlengkapan
: Rp. 500.000,-
- biaya Perawatan
: Rp.1.200.000,-
- gaji 2 orang @
: Rp 16.200.000,-.
- Biaya listrik
: Rp. 1.800.000,-.
- Tambahan modal salon
: Rp.6.000.000,-
- Sewa
: Rp 3.000.000,-
Jumlah Biaya
Laba Bersih
|
Rp. 108.000.000,-
Rp. 31.700.000,-
Rp. 76.300.000,-
|
2.6 Rencana Pemasaran
Bisnis Usaha salon
kecantikan ini mungkin sudah banyak yang mendirikan, namun disamping itu masih
banyak juga pelayanan yang kurang memuaskan pelanggan, layaknya candu, jika
seseorang sudah mencoba suatu salon dan merasa nyaman, maka orang tersebut akan
jadi pelanggan tetap, oleh karena itu pelayanan yang ekstra adalah langkah awal
dalam memulai persaingan dengan usaha lain.
Promosi yang lain adalah
dengan membuat brosur dan pasang iklan di beberapa media, termasuk internet..
Penelitian tentang
saingan pun akan berpengaruh bagi proses pemasaran produk makanan ini, oleh
karena itu kami pun meneliti para pesaing dengan meneliti jenis-jenis
pelayanan, ekurangan dan kelebihannya secara spesifik, shingga perusahaan salon
kecantikan ini mempunyai nilai lebih dari salon biasa, yaitu dengan harga yang
murah dan prlayanan yang lebih memuaskan.
Selain itu kita juga
menggunakan beberapa konsep bauran promosi, manfaatnya dengan mengoptimalkan
proses promosi maka akan lebi mudah juga dalam memasarkan produk usaha ini,
kita akan coba semua teori tentang bauran promosi, dan kemudian akan kami
seleksi cara yang mana yang lebih efektif dan efisien. Adapun jenis bauran
promosi tersebut antara lain :
1) Periklanan
(Advertising): Merupakan alat utama bagi pengusaha untuk mempengaruhi
konsumennya. Periklanan ini dapat dilakukan oleh pengusaha lewat surat kabar,
radio, majalah, bioskop, televisi, ataupun dalam bentuk poster-poster yang
dipasang dipinggir jalan atau tempat-tempat yang strategis.
2) Penjualan
Pribadi (Personal selling): Merupakan kegiatan perusahaan untuk melakukan
kontak langsung dengan calon konsumennya. Dengan kontak langsung ini diharapkan
akan terjadi hubungan atau interaksi yang positif antara pengusaha dengan calon
konsumennya itu. Yang termasuk dalam personal selling adalah: door to door
selling, mail order, telephone selling, dan direct selling.
3) Promosi Penjualan (Sales Promotion): Merupakan
kegiatan perusahaan untuk menjajakan produk yang dipasarkarlnya sedemikian rupa
sehingga konsumen akan mudah untuk melihatnya dan bahkan dengan cara penempatan
dan pengaturan tertentu, maka produk tersebut akan menarik perhatian konsumen.
4) Publsitas
(Pubilicity): Meripakan cara yang biasa digunakan juga oleh perusahaan untuk
membentuk pengaruh secara tidak langsung kepada konsumen, agar mereka menjadi
tahu, dan menyenangi produk yang dipasarkannya, hal ini berbeda dengan promosi,
dimana didalam melakukan publisitas perusahaan tidak melakukan hal yang
bersifat komersial. Publisitas merupakan suatu alat promosi yang mampu
membentuk opini masyarakat secara tepat, sehingga sering disebut sebagai usaha
untuk "mensosialisasikan" atau "memasyarakatkan ".
2.7
visi dan misi
VISI :
Memberikan pelayanan kecantikan, tata rias rambut, tata rias wajah dengan
mengedepankan kepuasan pelanggan menjadikan mak erot salon unggul dalam mutu
dan pelayanan mensejahterakan karyawan.
MISI :
meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan seacara terus-menerus
menggunakan prduk-produk berkualitas dan aman dalam memberikan
pelayanan/perawatan. Memegang teguh prinsip kejujuran dalam memberikan
pelayanan.
2.8 Kelanjutan Usaha
Rencana
Usaha kecil ini adalah salah satu bentuk usaha yang gampang beradaptasi
dilokasi dan waktu apapun,karena segi peralatan yang sederhana dan bahan baku
yang gampang di dapat.
Selanjutnya
jika usaha kecil ini sukses dalam waktu 1 tahun, maka akan di usahakan terus
supaya keuntungannya tetap seimbang bahkan bisa lebih besar, dengan cara dasar
yang sudah tertulis diatas, menggunakan beberapa strategi pemasaran dan
meneliti kelemahan pesaing maka akan lebih mempermudah menarik pelanggan.
Dalam
segi keuangan sendiri akan jelas terealisasikan jika keuntungan sebesar Rp.
76.300.000,- , dan akan kami gunakan untuk pembelian bahan baku makanan
selanjutnya dengan taksiran biaya 30% dari keuntungan dan 20% persen akan kita
tabungkan, lalu yang 50% akan kami bagi keuntungannya. Memang tidak terlalu
besar dari pembagian keuntungannya, namun ini adalah awal dari usaha yang akan
terus berkembang yang ahirnya akan meraup keuntungan yang lebih dari layak.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Jenis
usaha yang akan didirikan adalah menyediakan pelayanan salon kecantikan, mulai
dari perawatan rambut, wajah dan anggota tubuh lainnya, selain itu juga
menerima periasan atau make up pada pelanggan untuk acara tertentu..
Dengan
beberapa bauran promosi dan meneliti kelemahan dan kelebihan pesaing akan bias
mencari cela dimana usaha ini akan menggaet para pelanggan, jaringan yang luas
serta didukung dengan pelayanan yang maksimal, maka dipastikan usaha ini layak
dan akan jelas kelangsungan hidup usahanya. Keuntungan yang tidak mengecewakan
bagi usaha seperti ini akan memberi jaminan bagi kelangsungan usaha dan tenaga
kerja.
Dengan
perkiraan keuntungan diatas maka dapat dipastikan juga perluasan usaha ini akan
mudah terealisasikan.
DAFTAR
PUSTAKA
- http://google.com
- http://wikipedia.com/Usahasalon/html.
- http://wikipedia.com/layoutpemasaran/html
- http://scribd.com/salonkecantikan/html
- Gitosudanno, Indriyo, Manajemen Pemasaran, BPFE Yogyakarta, 1994
- Jauch, lawrence R, Manajemen Strategis Dan Kebijakan Perusahaan, Erlangga, Jakarta, 1993
Inilah waktu yang tepat untuk membuat desain web anda tampil menarik dan punya daya jual tinggi , Jangan sampai anda kehilangan calon pelanggan cuma karena web tidak nyaman dan kurang menarik perhatin , Klik di sini
BalasHapusJasa Desain Web Blog Murah